Rizal Ramli: Cuti Kampanye, SBY Harus Pilih Salah Satu

 

Rabu, 12 Maret 2014 17:15 WIB
Rizal Ramli: Cuti Kampanye, SBY Harus Pilih Salah Satu
TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO/XIS
Rizal Ramli 


 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) rencananya akan mengambil cuti dua hari pada 17 dan 18 Maret 2014 untuk kampanye Pemilu 2014. Surat pemberitahuan cuti itu telah ditembuskan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Keputusan SBY tersebut ditanggapi dingin oleh bakal calon presiden (capres) Konvensi Rakyat Rizal Ramli.

"Saya rasa nggak usah presiden cuti, toh dia (SBY) kan setiap hari kampanye. Sangat tidak pas dan malu-maluin, makanya jadi ketua umum partai, berhenti jadi presiden," katanya usai Debat Publik Capres RI Konvensi Rakyat 2014, di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu (12/3/2014).

Mantan Menteri Perekonomian era Abdurrahman Wahid itu menyebutkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) harusnya tidak memberikan izin.

"Bawaslu sebaiknya memberi pilihan; apa mau jadi presiden atau jadi ketua umum partai," tegasnya.

Diketahui, Komisioner KPU Ferry Kurnia Riskiyansyah mengatakan, surat bernomor B.233/M.Seseneg/D-2/KN.OO.02/03/2014 telah diterima KPU yang isinya menjelaskan pemberitahuan cuti SBY untuk melakukan kampanye.

"Izin cuti kampanye Presiden," kata Ferry ketika dikonfirmasi di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/3/2014).

Dalam surat itu cuti tersebut dijelaskan, SBY akan kampanye di 2 daerah pemilihan (dapil). Pada Senin 17 Maret 2014, SBY akan kampanye di Dapil Jawa Tengah VI, Kota Magelang, Kabupaten Magelang.

Sedangkan pada Selasa 18 Maret 2014, Ketua Umum Partai Demokrat ini akan kampanye di Dapil Jawa Timur VI di Kabupaten Tulung Agung dan Kabupaten Blitar.

Surat izin cuti kampanye tersebut ditembuskan kepada Presiden sendiri, Wakil Presiden Boediono, dan juga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Surat tersebut ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensekneg) Sudi Silalahi tertanggal 10 Maret 2014.

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2014/03/12/rizal-ramli-cuti-kampanye-...