Semakin Menarik, Konvensi Rakyat Bisa Dilirik Partai


 

Share



Dok / SH

Panitia Konvensi Capres Rakyat

Konvensi Rakyat telah tiga kali mengadakan Debat Publik.

JAKARTA- Ketua Komite Konvensi Rakyat Solahuddin Wahid mengatakan minat masyarakat mengetahui  kegiatan konvensi calon presiden  rakyat semakin tinggi. Konvensi yang mengusung tujuh calon presiden ini bakal menggelinding semakin besar, sehingga partai politik bakal tertarik meminang pemenang konvensi rakyat.

Menurut cendekiawan yang akrab disapa Gus Sholah ini, Konvensi Rakyat telah tiga kali mengadakan Debat Publik, yakni di kota Surabaya, Medan, dan Balikpapan. Selama ini, acara Debat tersebut selalu mendapat perhatian besar, baik dari masyarakat maupun para pendukung ketujuh kandidat Capres Rakyat. Di setiap kota, rata-rata sekitar 5000-an massa hadir memadati lokasi Debat Publik.

“Ini menunjukkan bahwa kegiatan ini menarik dan memberi informasi yang sangat berguna bagi masyarakat,” kata Salahuddin Wahid, Ketua Komite Konvensi Rakyat di Jakarta, Kamis (13/2).

Gus Solah mengatakan dalam Debat Publik di Balikpapan Minggu (9/2) lalu, hadir Dr. Ir. Akbar Tandjung (tokoh senior), Prof. Dr. Laode Kamaluddin (Ketua Dewan Pertimbangan Forum Rektor Indonesia), Prof. Agus Santoso (akademisi Balikpapan), dan Priyo Suwarno (Pimpinan Tribun Kaltim) sebagai Panelis.

Debat Publik mendatang, rencananya akan dilangsungkan di Makassar pada Minggu (16/2) di Gedung Graha Pena. Adapun Panelis yang akan hadir adalah Prof Dr. Maksum Mahfud (Fakultas Pertanian UGM dan salah satu Ketua PBNU), Suryopratomo (Direktur Pemberitaan Metro TV), Prof. Dr. Laode Kamaluddin (Komite Konvensi Rakyat), dan juga Arqam Asikin (akademisi Universitas Muhammadiyah Makassar).

Lebih jauh adi kandung Presiden ke 4 RI Kyai Abdurrahman Wahid ini menjelaskan, kegiatan Konvensi Rakyat adalah upaya positif untuk memberi pendidikan politik dan menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya proses menjaring calon pemimpin nasional.

 Menurutnya, Indonesia punya banyak Putra Bangsa yang baik dan perlu diperkenalkan secara luas kepada masyarakat untuk dinilai dan disaring.

“Kami juga berharap media bersedia menyebarkan informasi tentang Konvensi Rakyat sehingga masyarakat kian peduli terhadap proses memilih calon pemimpin nasional,” ujarnya.

Sekretaris Komite, Rommy Fibri, juga menyampaikan terima kasihnya kepada masyarakat luas dan media massa atas dukungannya selama ini. Rommy juga berharap hubungan baik ini terus berlangsung hingga Debat Publik berakhir. “Setelah Makassar, Debat Publik akan digelar di Bandung (2/3) dan Jakarta (9/3),” ujar Rommy.


 Lebih jauh Rommy Fibri menjelaskan, Debat Publik Konvensi Rakyat terbuka bagi masyarakat luas. Karena ini adalah Konvensi Rakyat, maka bentuk acaranya pun sangat merakyat. “Yakni pada saat Debat berlangsung, bukan hanya Panelis yang berhak bertanya, masyarakat yang hadir pun memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada ketujuh Capres Konvensi Rakyat,” katanya.


Sumber : Sinar Harapan

 

Sumber : http://www.sinarharapan.co/news/read/32401/semakin-menarik-konvensi-raky...