Somasi Rizal Ramli, SBY Lakukan Pelanggaran HAM

 
 
Headline
Rizal Ramli dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) - (Foto : inilah.com)
Oleh: Ajat M Fajar
nasional - Senin, 27 Januari 2014 | 14:38 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Ketua Tim Advokad Rizal Ramli, Otto Hasibuan, menilai langkah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan somasi kepada kliennya adalah kesalahan besar.

Sebab Presiden SBY seharusnya tidak melakukan hal itu kepada Rizal Ramli sebagai warga negara Indonesia.

"Dalam UUD 1945 pasal 28 diatur kebebasan berpendapat itu dilindungi bagi setiap warga negara Indonesia," tegas Otto dalam jumpa persnya di Gedung Joang, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2014).

Sebagai seorang presiden, lanjut dia, SBY harusnya bisa melindungi warga negaranya dalam berekspresi dan berpendapat dalam kehidupan demokrasi.

Selain itu, somasi yang dilayangkan Presiden SBY kepada Rizal Ramli juga melanggar deklarasi Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pasal 19 tentang kekebasan berpendapat warga negara.

"Sangat disayangkan kalau sampai terjadi somasi dari presiden kepada seorang WN, itu berbahaya. Jadi kalau ada orang yang menghalang-halangi berpendapat, ini pelanggaran HAM," tandas Otto.

Untuk itu, Otto meminta Presiden SBY mempelajari lagi somasi yang dilayangkannya kepada Rizal Ramli tersebut. Sebab SBY harus menentukan dalam kapasitas apa dia melakukan itu.

"Kami ingin tahu apa dasar presiden mensomasi Rizal Ramli, menunjukkan apa kerugian negara atas pernyataan Rizal Ramli. Karena sebagai presiden harus mengedepankan kepentingan negara bukan kepentingan pribadi," tandasnya lagi. [yeh]

Sumber : http://nasional.inilah.com/read/detail/2068453/somasi-rizal-ramli-sby-la...