Anwar Nasution: Bailout Century Tindakan Garong!


Minggu, 19 Januari 2014 , 07:22:00 WIB

Laporan: Ihsan Dalimunthe




ANWAR NASUTION/NET
  
 
 

RMOL. Pakar ekonomi Indonesia Anwar Nasution menilai pemerintahan SBY-Boediono tidak melakukan terobosan-terobosan penting untuk memajukan negara.

Korupsi masih bertebaran, bahkan kasus bank Century pun yang menurut Anwar bisa cepat selesai, malah memakan waktu lama dan menyita waktu pemerintah sendiri.

Pernyataan tersebut disampaiakan mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) dan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Indonesia (BPK) ini saat diskusi bersama Ikatan Alaumni Universitas Indonesia di Auditorium Fakultas Kedokteran UI, Salemba, Jakarta, Sabtu (18/1). Hadir sebagai pembicara Akbar Tanjung, Salim Said, Hamdi Muluk, Adnan Pandu Praja dan Effendi Ghozali.

Anwar mengungkapkan, kebijkaan pemberian Fasiltas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik adalah akal-akalan BI. Ia pun heran kenapa kasus ini masih saja dibiarkan dan tak menangkap aktor intelektualnya.

Selanjutnya ia menyayangkan publik yang masih percaya pada pernyataan mantan Gubernur BI Budiono yang menyatakan jika bailout (dana talangan) bank Century merupakan tindakan mulia.

"Mulia darimananya? Itu tindakan garong. Garong kok dibiarkan. Kalau saya yang di BI Century sudah saya bubarkan dari dulu," tegas Anwar. [rus]

 

Sumber : http://hukum.rmol.co/read/2014/01/19/140444/Anwar-Nasution:-Bailout-Cent...