Hari Ini, Rizal Ramli Jadi Pembicara Utama di Universitas Bung Hatta


Kamis, 16 Januari 2014 , 06:26:00 WIB

Laporan: Ruslan Tambak




RIZAL RAMLI/NET
  
 

RMOL. Ekenom senior sekaligus Menteri Perekonomian RI era Gus Dur, Dr. Rizal Ramli, akan hadir sebagai pembicara utama pada seminar nasional "Repsosisi Ekonomi Indonesia Menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean 2015" yang digelar Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta (UBH) di Aula Balairung Caraka, Kampus I UBH Ulak Karang, Padang, hari ini (Kamis, 16/1).

Panitia Pelaksana Dr. Alvis Rozani menyebutkan, di samping keynote speech dalam seminar nasional tersebut, peserta seminar juga terdiri dari dosen tetap fakultas ekonomi dari berbagai kampus, praktisi dan pemerhati ekonomi juga diundang sebagai pemakalah untuk mempresentasikan hasil riset tentang kesiapan ekonomi nasional menyongsong Asean Economic Community atau Masyarakat Ekonomi Asean 2015.

Jelas Alvis, dinamika perekonomian global dalam satu dekade terakhir memperkuat tekad negara-negara kawasan Asean untuk memperkokoh kerja sama ekonomi di bawah Asean Economic Community. Bagi Indonesia, pembentukan Asean Economic Community merupakan sebuah harapan sekaligus tantangan.

"Dengan latar belakang itulah Fakultas Ekonomi UBH bekerja sama Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakrta menggelar seminar ini," imbuhnya.

Dari acara ini, kata Alvis, diharapkan dapat memberi kontribusi konkrit berupa hasil riset yang dilakukan oleh para expert di bidangya masing-masing sebagai pedoman bagi pengambil kebijakan untuk memetakan posisi Indonesia di antara negara-negara Asean dan sebagai forum bertukar pikiran bagi para akademisi, praktisi, birokrat guna bersama-sama berkontribusi dalam menyongsong Asean Economic Community 2015.

"Materi seminar mengacu kepada tema sentral seminar yang bersumber dari beberapa disiplin ilmu seperti seluruh bidang ekonomi yang berkaitan dengan isu negara berkembang, bidang kajian bisnis dan manajemen, bidang kajian akuntansi dan keuangan, serta governance," tandas Alvis. [ysa]

Sumber : http://rmol.co/news.php?id=140096