RR1: Jangan Putus Asa, Indonesia Bisa Jadi Negara Hebat


Minggu, 12 Januari 2014 , 22:53:00 WIB

Laporan: Ade Mulyana




FOTO:RMOL
  
 

RMOL. Ekonom senior DR. Rizal Ramli menyatakan sangat terharu dan bangga atas upaya pemuda dan warga Desa Pampang, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, mendirikan Rumah Cerdas DR. Rizal Ramli. Dengan Rumah Cerdas DR. Rizal Ramli yang berfungsi sebagai perpustakaan yang akan menampung berbagai macam buku-buku pelajaran, buku cerita dan lainnya, diharapkan bisa membangkitkan semangat membaca dan semangat belajar warga.

"Dengan Rumah Cerdas ini anak-anak Gunungkidul diharapkan makin lama akan makin cerdas, makin hebat. Otaknya cerdas, bisa menjadi apapun. Anak-anak Gunungkidul bisa mewujudkan cita-cita jadi kenyataan," ujar Rizal Ramli saat peresmian Rumah Cerdas di Pampang, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta (Minggu, 12/1).

Rizal Ramli mengatakan langkah warga mendirikan Rumah Cerdas sangat berarti karena lahir dari hati yang tulus. Terlebih lagi, lanjut peserta Konvensi Rakyat Capres 2014 ini, tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar warga desa masih mengalami hambatan dalam memperoleh akses pendidikan dan teknologi, khususnya kemampuan komputer dan berbahasa Inggris.

"Jangan pernah putus asa, gantungkan cita-cita setinggi-tingginya walaupun secara ekonomi tidak mendukung. Jangan menyerah, yang penting senang dan banyak membaca. Dengan banyak membaca otak kita jalan, bisa mikir," ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Kordinator Perekonomian era Pemerintahan Abdurrahman Wahid ini menyampaikan titipan salam dari Sri Sultan Hamengkubuwono X kepada warga.

"Semalam saya bertemu dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X di Keraton. Beliau menyampaikan salam untuk warga Gunungkidul. Ngarso Dalem juga menyatakan penghargaan setinggi-tingginya atas usaha warga desa Paliyan dalam turut mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara," ungkap Menteri Keuangan era Gus Dur ini.

Di sisi lain, lanjut tokoh nasional yang gigih memperjuangkan ekonomi konstitusi tersebut, Sultan berharap Rumah Cerdas menyesuaikan jam operasionalnya. Sebaiknya jangan dibuka pagi dan siang, karena saat itu anak-anak sedang bersekolah. Lebih baik beroperasi sore hingga pukul 21.00, sehingga bisa menunjang jam wajib belajar yang berlaku di Yogayakarta.

Lebih lanjut Capres paling ideal versi The President Center ini mengajak warga untuk bersama-sama mengubah Indonesia ke arah yang lebih baik. Selama ini, katanya, Negara absen padahal rakyat membutuhkan. Rakyat dibiarkan mengatasi persoalannya sendiri. Utuk itu, Rizal Ramli menyatakan kesiapannya maju sebagai calon presiden pada Pilpres mendatang karena ingin mengurus rakyat.

"Kita ubah Indonesia supaya lebih hebat, lebih cerdas, dan hidup rakyat lebih sjahtera. Saya tak mau rakyat Indonesia seperti anak yatim piatu, tidak ada yang mengurus. Saya ingin rakyat ada yang mengurus, ada yang memikirkan dan ada yang memberi arahan," pungkas RR1, panggilan peserta Konvensi Capres Rakyat nomor urut 1 ini. [ian]

Sumber : http://rmol.co/news.php?id=139711