Rizal Ramli Disomasi SBY


Kamis, 09 Januari 2014 , 21:10:00 WIB

Laporan: Ade Mulyana



  
 

RMOL. Ekonom senior DR. Rizal Ramli disomasi pengacara keluarga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Surat somasi sudah dilayangkan dan diterima pihak Rizal Ramli.

"Sekretaris saya sudah memberi tahu ada surat somasi dari pengacara Presiden," ujar Menko Perekonomian era Pemerintahan Abdurrahman Wahid itu kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta (Kamis, 9/1).

Rizal Ramli mengaku belum membaca isi surat somasi tersebut sehingga enggan berspekulasi lebih jauh atas dasar apa ia disomasi, apalagi menjelaskan sikapnya ke depan.

"Saya akan baca dan pahami dulu substansinya. Siapa tahu somasi itu muncul hanya disebabkan SBY lagi galau saja," ujarnya.

RR1, begitu peserta Konvensi Capres Rakyat nomor urut 1 ini disapa, mengatakan bahwa di negara demokrasi biasa saja presiden dikritik sebagai konsekuensi jabatan yang diembannya. Namun terlepas dari substansi somasi yang diajukan, dia menduga somasi tersebut sebagai sikap awal otoriter pemerintahan SBY.

"Somasi ini memperlihatkan warna aslinya," tekannya.

RR1 yang juga merupakan anggota panel penasihat ekonomi Perserikatan Bangsa Bangsa, meminta agar para jurnalis lebih bersikap hati-hati dalam menulis berita terhadap penguasa. Sebab, bukan tidak mungkin pengacara keluarga SBY juga membidik para jurnalis.

"Hari ini saya yang disomasi. Saya ingatkan, jurnalis juga bisa disomasi. Karena itu harus hati-hati," pintanya.[dem]

Sumber : http://politik.rmol.co/read/2014/01/09/139405/Rizal-Ramli-Disomasi-SBY-